Bagaimana investasi menjelang dan pasca pilkada 2017

Investasi dipastikan akan tumbuh dengan sedikit melambat, mengingat berbagai kejadian yang melanda menjelang pilkada DKI Jakarta 2017 ini. Demonstrasi 4/11, 2/12, dan 4/12 adalah salah satunya. Akibatnya, investor ragu untuk menanamkan aset mereka, dikhawatirkan stabilitas yang bergejolak ini mampu merubah proyeksi keuangan dan keuntungan yang berimbas pada pendapatan mereka.

Demonstrasi 4/11, 2/12, dan 4/12 adalah faktor utama penyebab turunnya harga IHSG. IHSG merosot cukup besar, yakni sebesar 0,4% ke level 5307. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi, di mana indeks saham dipengaruhi oleh aktivitas politik maupun kejadian dalam negeri. Bahkan, Amerika Serikat sendiri sempat mengalami kejatuhan saham yang cukup tajam karena terpilihnya trumph presiden AS. Jadi, sudah dipastikan pilkada DKI Jakarta 2017 akan berdampak signifikan terhadap IHSG Indonesia dan banyak sektor investasi.

Apalagi aksi demonstrasi kemarin mengakibatkan ketidakstabilan rupiah yang cukup besar. Sempat melemah sebesar 0,1% atau 13 poin ke angka 13.088 per dolar US, kini berakhir dengan penguatan 0,05% ke angka 13.068 per dollar di hari yang sama. Wow dampak investasi forex tergangu..Dampak serupa juga disinyalir akan terjadi seiring dengan menguatnya masing-masing calon mendekati hari pemilihan.

Meningkatnya penggunaan media sosial, disebabkan adanya aturan pembatasan pengeluaran dana kampanye para kandidat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga ikut mengurangi dampak positif pelaksanaan pilkada terhadap ekonomi Jakarta. Sesuai keputusan KPU Provinsi DKI, beberapa waktu lalu, masing-masing pasangan calon hanya diperbolehkan membuat pengeluaran untuk kegiatan kampanye mereka maksimal Rp 203 miliar.

Di lain pihak, anggaran belanja KPU DKI untuk Pilkada 2017 berjumlah Rp 478 miliar. Jika angka itu dijumlahkan dengan biaya kampanye ketiga pasangan calon yang nilainya mencapai Rp 609 miliar (Rp 203 miliar x 3), akan diperoleh total belanja selama pelaksanaan Pilkada DKI 2017 sebesar Rp 1,1 triliun. Wow!

Jadi, sudah siapkah Anda menghadapi beberapa pengaruh pilkada DKI Jakarta 2017 terhadap bisnis Indonesia tersebut?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s