Tantangan investasi yang menguntungkan di Indonesia bagi Korea

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan ke depan tantangan perekonomian akan semakin kompleks sehingga menuntut kesiapan dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan.

“Tahun 2016 baru saja kita lalui bersama, tahun yang penuh dengan tantangan sekaligus membuka jendela kesempatan bagi perekonomian Indonesia. Walau pemulihan ekonomi global masih lemah dan disertai ketidakpastian,  ekonomi nasional dapat tetap tumbuh dengan stabilitas makro ekonomi yang tetap terjaga,” kata Agus Martiwardojo di Kendari, Jumat 13 Januari 2017.

Agus mengaku bersyukur di tengah gejolak eksternal yang ada, ekonomi Indonesia mampu menunjukkan resiliensinya dan tumbuh 5,02 persen di triwulan III 2016.

INVESTASI yang Menguntungkan ini penting untuk kita kejar, kita upayakan

“Bahkan di beberapa provinsi seperti di Sulawesi Tenggara ekonomi masih mampu tumbuh 6 persen. Capaian ini diraih seiring dengan tingkat inflasi nasional yang rendah dan terkendali yaitu di kisaran 3,02 persen. Inflasi ini berada dalam kisaran sasaran inflasi sebesar 4 plus minus 1 persen dan lebih rendah dari angka di tahun 2015,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Di tengah masih lemahnya harga komoditas global, kata Agus, defisit transaksi berjalan serta defisit APBN 2016 dapat tetap berada di tingkat yang sehat bagi kesinambungan perekonomian. Di samping itu,  nilai tukar rupiah di sepanjang tahun 2016 tercatat mengalami penguatan 2,34 persen terhadap dolar dengan volatilitas yang relatif terjaga.

“Hal tersebut menjadikan rupiah sebagai mata uang dengan kinerja terbaik kedua di Asia setelah yen Jepang,” katanya.

 

Korea Selatan memilih Indonesia sebagai lokasi kunjungan kehormatan pertamanya pada 2017. Memanfaatkan momen tersebut, Presiden Joko Widodo meminta Korea Selatan terus meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

“Menurut Presiden, tren di bidang perdagangan dan investasi agak menurun. Jumlahnya masih besar, tapi trennya menurun,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan, Kamis, 12 Januari 2017.

 

INVESTASI yang Menguntungkan ini penting untuk kita raih

 

Berdasarkan pantauan Tempo, Korea Selatan diwakili anggota parlemennya. Ketua Parlemen Korea Selatan Chung Sye Kyun menjadi figur yang berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi.

Chung Sye Kyun, ucap Retno, telah meyakinkan Jokowi bahwa Korea Selatan akan terus berupaya meningkatkan kerja sama investasi investasi dan perdagangan, seperti yang diinginkan Presiden tentang investasi. Selain itu, Korea Selatan adalah mitra penting, sehingga hal yang bisa menjaga hubungan baik kedua negara perlu diupayakan apalagi bisnis Investasi ini.

“Indonesia juga dinilai sebagai negara besar, pemain besar di ASEAN, dan memberikan banyak kontribusi dalam penanganan berbagai isu di dunia internasional,” tutur Retno.

Sementara itu, Chung Sye Kyun menyatakan Korea Selatan sangat tertarik bekerja sama dengan Indonesia. Karena itu, dia yakin hubungan kerja sama dengan Indonesia ke depan akan semakin menguat.

“Korea Selatan adalah mitra strategis Indonesia sejak 1973. Hubungan itu berjalan sangat baik. Korea sangat memperhatikan Indonesia, Korea sangat suka dengan Indonesia, sehingga saya pikir hubungan kedua negara akan menguat lagi,” ucap Chung Sye Kyun.

Tahun lalu, Badan Koordinasi Penanaman Modal mengatakan Korea Selatan memiliki komitmen investasi di Indonesia senilai US$ 18 miliar. Komitmen investasi itu untuk sektor kelistrikan, energi terbarukan, pakan ternak, perfilman, sepatu, serta farmasi.

Wahh bakalan Indonesia kebanjiran artis korea, dan barang barang korea nihhh….

Siapa sih yang tidak ingin berangkat ke korea selatan

 

Yang mau ke KOREA, Klik aja
Pemandangan Korea Selatan
Jalan jalan ke korea. Promo…

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s