Suku bunga The FED memberi peluang investasi yang menguntungkan

Mengambil Untung dari Kenaikan Suku Bunga The Fed

Pekan ini, bank sentral paling berpengaruh di dunia, Federal Reserve melakukan pertemuan.membicarakan hal yang berpengaruh pada investasi yang menguntungkan di beberapa banyak negara di dunia. Ini merupakan pertemuan bank sentral yang paling diantisipasi oleh banyak pihak, mulai dari para investor, analis, ekonom, pejabat bank sentral dan lainnya.

Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve menggelar pertemuan Open Market Commitee pada 14-15 Maret mendatang. Pada pertemuan tersebut, Fed, nama singkat Federal Reserve, diyakini akan menaikkan tingkat suku bunganya dari 0,75% menjadi 1%.

Diihat dari data Bloomberg, probabilitas kenaikan suku bunga ini semakin meningkat. Dalam pekan lalu, selama beberapa hari probabilitas meningkat dari 92%,94% menjadi 100%. Artinya, para analis dan ekonom meyakini Fed segera menaikkan tingkat suku bunganya. Pelaku pasar rupanya sudah memasukkan faktor ini ke dalam keputusan investasi mereka.

Ada data-data perekonomian Amerika Serikat juga yang menunjang keyakinan tersebut. Dilihat dari sektor tenaga kerja: data tenaga kerja teranyar yang keluar pada Jumat lalu menunjukkan ada 235.000 tenaga kerja yang diserap pada Februari lalu. Tingkat pengangguran pun turun tipis menjadi 4,7% dan pendapatan rata-rata naik 0,2% pada  bulan lalu.

Target inflasi Fed pun sudah mendekati. Fed menggunakan Personal Consumption Expenditure (PCE)  untuk mengukur inflasinya. Saat ini angka PCE sudah 1,9%, sangat dekat dengan target Fed yang sebesar 2%.. Apakah ini menjadi investasi yang menguntungkan

Secara umum, perekonomian Amerika Serikat sudah membaik, ketimbang ketika krisis menerpa pada tahun 2008 lalu. Perbaikan ekonomi inilah yang membuat Fed bersiap menaikkan tingkat suku bunganya. Bakal kah membuahkan investasi yang menguntungkan

Salah satu dampak yang terlihat adalah penguatan dolar AS. Kurs dolar menguat seiring dengan pemulihan ekonominya. Indeks dolar menguat sejak 2014. Tidak terkecuali terhadap rupiah. Dampak sektor investasi yang menguntungkan buat Indonesia belum nyata terlihat

Janji pemerintahan baru untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi AS dengan pemangkasan pajak dan belanja infrastruktur pun memicu optimisme bahwa perekonomian AS sudah keluar dari “kamar ICU” dan dapat segera berlari lagi.

Pemulihan ekonomi AS juga berdampak pada pasar modal di negara maju. Perekonomian membuat perusahaan kembali berekspansi, janji pemangkasan pajak diharapkan terwujud sehingga labanya pun diharapkan mekar. Indeks Dow Jones terus menguat. Indeks ini naik 4,8% hanya pada Februari lalu.

Sentimen pelemahan terhadap mata uang di kawasan Asia sudah terlihat dari bulan lalu. Setelah ada komentar dari petinggi Fed yang menyatakan bahwa akan ada kenaikan suku bunga bulan ini. Kurs peso melorot 1,3% terhadap dolar AS dalam dua bulan ini. Wah, belum lagi impact terhadap Rupiah. Indonesia bakal tidak bisa mencicipi panggung investasi yang menguntungkan.

Namun akhir akhir ini AS mengalami goncangan hebat terhadap Dollar, maka patut diwaspadai agar jangan sampai terimbas di Indonesia lebih dahsyat

Maka kiranya kita perlu berpikir melirik pada investasi yang menguntungkan selain pada tabungan konvensional

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s