Rupiah menguat namun nggak lama

RUPIAH ATAS DOLAR AS: Waspadai Potensi Pelemahan Jelang FOMC

Bisnis.com JAKARTA – Pada perdagangan hari ini, Selasa (14/3/2017), investor investor kiranya perlu mempertimbangkan potensi pelemahan lanjutan rupiah, khususnya menjelang rapat petinggi Bank Sentral AS.

Senior Analyst PT Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada mengatakan tampaknya sentimen-sentimen yang ada yang cenderung positif tidak mampu membuat laju Rupiah bergerak positif pada perdagangan Senin (13/3/2017).

Berkebalikan dengan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang bergerak positif tetapi rupiah malah berbalik melemah, sangat melemah.

Dia mengungkapkan mulai berbalik positifnya laju dolar AS seiring respon pelaku pasar yang positif terhadap rilis data-data ketenagakerjaan yang pada akhirnya membuat pergerakan laju dolar AS cenderung berbalik menguat dimana pelaku pasar memanfaatkan pelemahan sebelumnya untuk kembali masuk. Akibatnya nilai tukar rupiah kembali tertekan di awal pekan ini.

“Berbalik melemahnya laju rupiah membuat harapan kami pupus terhadap potensi penguatan lanjutan yang seharusnya dapat terjadi,” katanya dalam riset  yang dikutip Selasa (14/3/2017).

Apalagi, lanjutnya, sentimen yang ada cukup positif dimana seharusnya dapat menjadi trigger positif untuk pergerakan rupiah.

Oleh karena itu, pada perdagangan hari ini dia menghimbau agar investor mewaspadai potensi pelemahan lanjutan, terutama jelang pertemuan FOMC dimana pergerakan rupiah dapat berfluktuasi lebih tinggi seiring maraknya aksi spekulasi  pada pembelian dolar AS.

“Tetap cermati dan antisipasi berbagai sentimen yang dapat berpengaruh pada berubahnya arah pergerakan rupiah. Diperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support 13.384 dan resisten 13.326,” katanya.

Pasar investasi di Indonesia sempat tergoncang bahkan alami relly panjang. Ingat investasi menjadi barometer ketangguhan ekonomi sebuah negara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s