RUU gagal voting tapi pasar masih percaya

Bisnis.com, JAKARTA— Para pelaku pasar masih memiliki harapan pada reformasi yang dilakukan Donald Trump kepada AS, meskipun RUU Kesehatan gagal diloloskan oleh Kongres AS.

Harapan itu kini ada pada kebijakan reformasi pajak yang akan dilakukan oleh Trump dan Partai Republik. Hal ini ditegaskan oleh Trump, seusai dirinya menarik RUU Kesehatan tersebut dari legislatif.

“Pasar kini berharap pada Trump dan Kongres AS untuk mengarahkan fokusnya ke agenda mendorong pertumbuhan ekonomi. Di mana reformasi pajak akan menjadi inti dari kebijakan tersebut,” kata Terry Haines, analis Evercore ISI, seperti dikutip dari Bloomberg,Sabtu (25/3/2017).

Haines dalam catatan yang dikirimkan pada kliennya menyebutkan, reformasi pajak akan menjadi titik krusial  dan pertaruhan bagi reputasi Partai Republik dan Donald Trump. Pasalnya, pasar selama ini berpikir positif terhadap ekonomi AS karena adanya rencana reformasi perpajakan yang diajukan oleh Trump semasa kampanye.

“Kami berpikir, reformasi pajak periode awal akans elesar pada Agustus. Jangka waktu yang terbilang optmistis dan agresif. Namun hal itu sudah dikonfirmasi oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin,” tambahnya.

Haines pun mnilai pasar tidak terlalu khawatir akan tidak lolosnya RUU Kesehatan. Menuruntya pasar lebih terkonsentrasi pada sentimen terkait indikasi perpecahan Partai Republik dan Trump, yang dikhawatirkan akan berdampak pada rencana kebijakan lainnya, termasuk perpajakan.

Seperti diketahui, pada penutupan di bursa AS pada Jumat (24/3/2017) indeks Dow Jones Industrial Average DJI tercatat turun 59,86 poin atau 0,29% menjadi 20.596,72. Sementara itu  indeks S & P 500 turun 1,98 poin atau 0,08% ke 2.343,98. Adapun Nasdaq Composite berhasil naik 11,05 poin atau 0,19% ke 5.828,74.

Sementara itu, hal senada diungkapkan oleh analis UBS Group AG Julian Emanuel. Menurutnya, gagal lolosnya RUU Kesehatan telah memengaruhi pasar. Namun, dia meyakini kepercayaan investor global pada legislatif AS masih tetap tingi.

“Ya, isu hari ini [RUU Kesehatan] memang penting, tapi itu bukanlah segalanya bagi pasar dan yang akan mengakhiri kepercayaan mereka pada AS,” kata Emanuel dalam sebuah wawancara di Bloomberg TV.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s